all what you looking for, are on here

Sistem Kemudi Tipe/Jenis/Model Rack Dan Pinion

Sistem Kemudi Tipe/Jenis/Model Rack Dan Pinion/Rack And Pinion


Cara kerja :

Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi )  - rack bergerak ( ke kiri dan ke kanan )

1.      Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion



          1.         Rumah gigi kemudi                                      10.   Bantalan
          2.         Rak                                                               11.   Pinion
          3.         Rak                                                               12.   Bantalan
          4.         Baut pengunci                                              13.   Ring perantara
          5.         Sil                                                                 14.   Ring pengunci
          6.         Pegas penekan                                              15.   Sil
          7.         Penekan                                                        16.   Baut pengunci
          8.         Sil                                                                 17.   Ring penekan
          9.         Baut penyetel                                               18.   Karet penutup

2.     Macam – Macam Konstruksi Kemudi Rak Dan Pinion
        
        - Pinion tengah tie rod pinggir :

·             

     
         Keuntungan :
·              Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung      dengan batang kemudi
·                Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan

Kerugian :
·                Kontak gigi kecil
·                Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
·                Pemakaian tempat besar

Penggunaan :
·                Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll


        -  Pinion Pinggir Tie – Rod Tengah :




Keuntungan :
·                Kontak gigi besar
·                Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
·                Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi

Kerugian :
·                Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
·                Pemakaian tempat besar

Penggunaan :
·                Alfa sud




         -  Pinion pinggir tie -rod pinggir 



         Keuntungan:
·                Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
·                Harga murah
·                Memerlukan sedikit tempat

Kerugian :
·                Pemegasan jelek, karena  tie rod pendek

Persyaratan :
·                Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama

Penggunaan :
·                Volvo
·                Toyota starlet
·                Ford laser

3.   Perbandingan Bervariasi Pada Gigi Kemudi Model Rak Dan Pinion

Situasi :
·                Pada jalan raya, diperlukan pengemudian  langsung
( Pengemudi merasakan gaya pengemudian pada roda kemudi )
·                Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan

Konstruksi :
·                Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
·                Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah




Saat pinion ditengah rak “ a “ 
·                Diameter kontak pinion besar
·                Jarak gerak rak panjang
·                Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar
                                                         
Sudut pinion dipinggir rak “ b “
·                Diameter kontak pinion kecil
·                Jarak gerak rak pendek
·                Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil
0 Komentar untuk "Sistem Kemudi Tipe/Jenis/Model Rack Dan Pinion"

Back To Top