all what you looking for, are on here

Transmisi Syncromesh/sinkronmesh

Transmisi jenis syncronmesh, sinkromes, sinkron mesh adalah transmisi yang dalam kerjanya melalui proses penyamaan putaran antara roda gigi penggerak (in put) dan roda gigi yang digerakkan (out put) ketika hendak melakukan perpindahan gigi. 
Kelebihan yang dimiliki transmisi jenis sincromesh yaitu :
  • Pemindahan gigi dapat dilakukan secara langsung tanpa nenunggu waktu yang lama.
  • Suara saat terjadi perpindahan gigi halus.
  • Memungkinkan menggunakan berbagai jenis roda gigi

Sincromesh berarti menyinkronkan atau menyamakan. Sincromeh terdiri dari berbagai komponen yang menjadi satu (unit) yang dapat menyamakan putaran antara roda gigi input dan out put pada transmisi. Mekanisme sincromesh (hub assy) berfungsi untuk menghubungkan dan memindahkan putaran input shaft ke output shaft melalui counter gear dan gigi percepatan. 
Mekanisme sincromesh terdiri dari lima bagian, Komponen dari unit syncronmesh itu sendiri di antaranya adalah :
  1. Hub sleeve, dapat bergerak maju mundur pada alur bagian luar clutch hub, sedangkanhub sleeve berkaitan dengan garpu pemindah (shift fork). Hub sleeve berfungsi untuk menghubungkan clutch hub dengan gigi percepatan melalui synchronizering dan gigi konis yang terpasang pada tiap-tiap gigi sikap.
  2. Clutch hub, berhubungan dengan output shaft melalui splin (alur), sehingga apabila clutch hub berputar maka output shaft juga ikut berputar.
  3. Shifting key, dipasang pada tiga buah tempat yang terdapat pada sincromesh danclutch hub, seperti terlihat pada gambar. Fungsi shifting key untuk meneruskan gaya tekan dari hub sleeve selanjutnya ditekan ke sincromesh agar terjadi pengereman pada bagian tirus gigi percepatan (dudukan sincromesh).
  4. Key spring, berfungsi untuk mengunci dan menekan shifting key agar tetap tertekan kearah hub sleeve.
  5. Sincromeh , terpasang pada bagian samping clutch hub yang berfungsi untuk menyamakan putaran gigi percepatan dan hub sleeve dengan jalan mengadakan pengereman terhadap gigi percepatan saat hub sleeve digeserkan (dihubungkan) oleh garpu pemindah pada salah satu sikap.




Cara Kerja Unit Sinkron Mesh, Syncromesh, Sincronmesh:
Posisi Pengereman





· Kopling geser digerakkan ke kanan
· Pengunci mendorong cincin sinkromes ke arah roda gigi tingkat
· Cincin sinkromes melakukan pengereman tehadap roda gigi tingkat




·           Kopling geser didorong lebih jauh
·           Gigi kopling geser kontak dengan gigi cincin sinkromes
·           Pengereman lebih keras sampai putaran cincin sama dengan roda tingkat
·           Pengunci mendorong lebih keras hingga batas langkah maksimum dan tertekan ke  bawah

Posisi Penyesuaian



·         Cincin sinkromes berputar balik sedikit akibat tekanan gigi dalam kopling geser
·         Kopling geser didorong lebih jauh lagi
·         Pengunci menjadi bebas searah putaran
·         Gigi kopling geser berhubungan dengan gigi cincin sinkromes

Posisi Terhubung



·         Kopling geser didorong maksimum
·         Gigi kopling geser berhubungan dengan gigi penghubung roda gigi tingkat
·         Putaran / tenaga roda gigi tingkat dapat diteruskan ke poros out put
0 Komentar untuk "Transmisi Syncromesh/sinkronmesh"

Back To Top