all what you looking for, are on here

Sudut Caster Kendaraan (Wheel Alignment)

Hai.... Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi informasi tentang Ban. Semoga dapat berguna bagi member of pawiro group sekalian atau bagi kalian yang membutuhkan dasar teori untuk penyusunan laporan :) ..

Dibawah ini adalah versi Text yang tidak saya ambil semuanya karena capek juga kalau mau edit, haaha.. Cuplikan file pdf ada dibawah dari versi Textnya Kalau masih kurang, pengen download file ya turun lagi deh kebawah, ada kok linknya.. :)

ok, god surfing....


Caster



1.     Difinisi
Kemiringan sumbu putar kemudi ( king pin ) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan



1.1 Caster Nol
Tidak ada kemiringan pada sumbu king-pin terhadap garis tengah roda vertikal " 0 "



1.2    Caster Negatif ( - )
Bagian atas sumbu kilng-pin berada di depan garis tengah roda vertikal " 0 " dan bagian bawah sumbu king pin berada di belakang


1.3    Positif ( + )
Bagian atas sumbu king-pin berada di belakang garis tengah roda vertikal " 0 " dan bagian bawah sumbu king-pin berada di depan



2. Fungsi Caster
2.1   Saat Jalan Lurus

F  = Gaya penggerak
Fr = Gaya reaksi ( yang digerakkan )
Gaya penggerak F bekerja pada titik A dan menarik roda ( yang digerakkan ) di titik B. Tahanan gelinding roda memberikan perlawanan (reaksi) yang arahnya berlawanan (Fr). Dengan demikian reaksi gaya gelinding roda yang ditarik akan selalu segaris dan arahnya berlawanan dengan arah gaya, penggerak.
Saat jalan lurus, caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus  walau roda kemudi dilepas

2.2   Saat belok

Spindel bergerak naik
Badan mobil kanan bergerak turun dan camber berubah ke arah negatif

Spindel bergerak turun
Badan mobil kiri bergkerak naik camber berubah ke arah positif


Dengan berubahnya camber roda luar ke arah negatif               ban menopang pada permukaan jalan dengan baik. ( Tidak mudah slip keluar radius jalan ).


3. Pengaruh Caster Terhadap Sifat Pengemudian
3.1.  Caster positif ( + ) ( lihat halaman 3 dan 4 )
Penyetelan caster positif yang benar akan memberikan keuntungan :
Roda tetap stabil dalam posisi lurus

Penyetalan Caster Positif Terlalu Besar

* Makin besar penyetelan caster positif, makin panjang jarak titik 1 dan 2, makin besar kemampuan roda kembali pada posisi lurus
* Bila permukaan jalan jelek, getaran roda terasa kuat dirasakan pada kemudi

3.2.  Caster Negatif

* Roda menggelepar dan timbul getaran
* Roda bergerak tidak stabil saat jalan lurus



3.3. Caster Nol ( 0 )


Pada caster nol titik temu sumbu putar kemudi ( 1 ) dan titik kontak ban ( 2 ) berada tepat ( sejajar )
Artinya tidak ada caster ( jarak caster adalah 0 )

Saat Jalan Lurus
Roda tidak cenderung mencari sikap lurus, sehingga tidak ada kestabilan saat jalan lurus    Akibat caster nol


4. Besar sudut caster dan perbedaan yang diijinkan

Sudut caster umumnya : 30 - 80 ( 10- 100 )
Perbedaan yang diijinkan antara roda kiri dan kanan : 30' ( 30 menit )
Page 1 of 5



 

Berikut Cuplikan dari File tersebut..



 

Jika menginginkan file full, anda bisa mendownlodnya di sini atau di sini.

atau kalau memang tidak bisa ada lagi link miror :

link 1

link 2

0 Komentar untuk "Sudut Caster Kendaraan (Wheel Alignment)"

Back To Top