all what you looking for, are on here

Ban, Konstruksi dan Fungsinya

Hai….
Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi informasi tentang Ban. Semoga dapat berguna bagi member of pawiro group sekalian atau bagi kalian yang membutuhkan dasar teori untuk penyusunan laporan :) ..

Dibawah ini adalah versi Text yang tidak saya ambil semuanya karena capek juga kalau mau edit, haaha.. Cuplikan file pdf ada dibawah dari versi Textnya Kalau masih kurang, pengen download file ya turun lagi deh kebawah, ada kok linknya.. :)

ok, god surfing….

_________________________________________________________________________________

||BAN||


A. Fungsi dan tuntutan ban

Ban merupakan bagian dari kendaraan yang langsung berhubungan dengan jalan. Dan berfungsi untuk menjamin kendaraan berjalan nyaman dan aman dengan mengurangi hambatan - hambatan gelinding roda. Oleh karena itu banyak sekali tuntutan - tuntutan yang harus dipenuhi oleh ban :

1. Tuntutan dasar ( utama )

a. Mampu menahan berat kendaraan dan muatan (arah atas dan bawah )






b. Mampu menahan gaya ( dorongan ) dari samping kiri dan kanan
Contoh : Saat belok, zig - zag


c. Mampu menahan gaya memanjang 
  Contoh : Saat pengereman

2. Tuntutan lain :
a. Kemampuan traksi ( cengkram ) besar
b. Tahanan gelinding kecil
c. Dapat meredam getaran


B. Nama - nama bagian



1 = Kaki ban ( bemo )
2 = Dinding samping
3 = Bahu
4 = Telapak ban ( Tread )
5 = Karkas
6 = Garis pelek
7 = Lilitan kawat / inti

8   = Brad Toe
9   = Karet bagian dalam
10 = Sabuk penguat
11 = Sabuk pengaman
12 = Lapisan karet dalam
13 = Karet penguat


C. Jenis - jenis
1. Dengan ban dalam dan tanpa ban dalam



Ban dengan ban dalam
Mempunyai kode tube - type
Pentil melekat pada ban dalam



Ban tanpa ban dalam
Mempunyai kode tube  less
Pentil melekat pada pelek
2. Menurut konstruksi ( struktur ) karkasnya


Ban bias ( diagonal )
Ban bias atau ban diagonal disebut juga ban konvensional 
Terdiri dari beberapa lapisan lilitan karkas yang ditenun 300 ?   600 terhadap garis tengah ban

Ban radial
Konstruksi terdiri dari dua bagian pokok yaitu :
* Lililtan karkas ( 1 ) yang ditenun 900 terhadap garis tengah ban
* Sabuk ban ( belt ) yang terdiri beberapa lapis, ditenun 250 - 400 terhadap garis tengah ban

D. Ukuran ban dan aspek ratio
1. Ukuran ban



1 = Lebar ban ( W )
2 = Leba telapak ban
3 = Tinggi ban ( H )
4 = Tinggi tanduk pelek
5 = Lebar pelek
6 = ? Pelek
7 = Jari - jari roda


2. Aspek ratio ( Profil ban )


Aspek ratio adalah perbandingan tinggi   ( H ) dan lebar ban ( W )
Aspek ratio ( % ) = 
H ( tinggi ban )
W ( lebar ban )
Besar aspek ratio sandart adalah ? 80

Saat ini aspek ratio telah dibuat sampai 45, tetapi pabrik ban di Indonesia baru memproduksi ratio ban sampai 60


Ketentuan aspek ratio :
Aspek ratio rendah
* Pengendalian kemudi lebih baik
* Kontak ban lebih besar
* Kontrol kemudi lebih baik 
* Kurang nyaman
Aspek ratio tinggi 
* Pengendalian kemudi kurang baik
* Kontak ban lebih kecil
* Kontrol kemudi kurang baik
* Lebih nyaman


E. Kode ban ( Tire marking )
1. Ban radial


Goodyear - 185 SR 14 G - 800 GP - Polyster TUBELESS

Goddyear = Nama pabrik yang membuat ban
185 = Lebar ban  ...........  ( mm )
 S    = Induk kecepatan
 R    = Ban radial
14   = Diameter dalam ( diameter ring ) .......( inchi )
G - 800 GP   = Jenis telapak ban
Polyster         = Jenis bahan yang dipalkai untuk lilitan karkasnya
Tubeless        = Ban tanpa ban dalam

2. Ban diagonal


PR ( Ply Rating )
Angka yang ditulis di depan Ply Rating bukan menunjukkan jumlah lapisan yang sebenarnya, tetapi menunjukkan angka kekuatan dari ban. Hal ini tergantung dari jenis bahan yang digunakan sebagai lapisannya
Contoh : - Tertulis 16 PR, bahan dari baja yang terdiri satu lapisan ( satu ply ), kekuatannya sama dengan 16 plies ( ply )
Jika bahannya terbuat dari cotton



F.    TWI ( TREAD WEAR INDICATORS )
TWI adalah tanda atau indikator yang dipakai untuk menentukan tingkat keausan telapak ban.
Tinggi TWI umumnya 1,5 s/d 2 mm diukur dari dasar telapak ban ( lihat gambar )



Keausan telapak ban yang dijalankan, kira - kira 1 ? 1,6 mm dari permukaan TWI ke permukaan telapak ban 
Saat melakukan pengukuran keausan telapak ban, ban harus diisi tekanan angin yang normal

______________________________________________________________________________

Berikut Cuplikan dari File tersebut.....



Jika menginginkan file full, anda bisa mendownlodnya di sini atau di sini.

atau kalau memang tidak bisa ada lagi link miror :

link 1

link 2








0 Komentar untuk "Ban, Konstruksi dan Fungsinya"

Back To Top